TV Online Indonesia

Cara Membangkitkan Selera Makan Anak Dengan Bento Cantik

Membangkitkan Selera Makan Anak dengan membekali anak dengan bekal buatan sendiri menjadi salah satu cara untuk mengatur asupan gizi si buah hati. Apalagi banyaknya jajanan disekitar sekolah yang tidak dapat kita pastikan kesehatan dan kebersihannyah. Ada juga saat dimana anak sesusah makan, padahal kesehariannya sangat padat dan membutuhkan banyak energi. Hasilnya bekal makanan yang kita buat dengan sesusah payah malah tidak tersentuh.

Cara Membangkitkan Selera Makan Anak

Ketika bekal makanan tidak dimakan oleh si buah hati, ada kemungkinan mereka bosan dengan menu makanan yang dibuat. Coba akali dengan membuat bento atau lunch box bergaya jepang yang ditata dengan menarik dalam kotak makanan. Berikut kami bagikan tips cara membuat bento sehat yang disukai anak-anak.

 1. Atur pembagian makanan, yakni 50% persen nasi dan 50% sisanya lauk pauk. Untuk lauk disarankan mengandung daging  dan sayuran agar anak mendapatkan  makanan yang beragam namun lengkap gizi.

 2. Percantik bentuk nasi dengan kreativitas. Anda bisa membuat nasi menjadi sushi gulung, inari sushi atau onigiri. Beras yang digunakan beragam, bisa beras jepang atau beras yang biasa dipakai dirumah.

3. Pilih pengguna  lauk. Untuk menarik napsu makan, lauk gorengan gurih bisa disertakan. Biasanya, terdapat lauk seperti karaage, mini hamburger, salmon calamari. Pastikan memilih lauk yang masih enak walaupun dalam keadaan dingin.

4. Bento biasanya berisi sayuran segar atau kukus. Sayuran yang biasa dipakai misalnya, lettuce, tomat ceri, mentimun, edamame, brokoli kukus, atau salad kentang. Sebaiknya gunakan sayuran yang berwarna cerah atau menghias sayuran agar terlihan cantik. Hal ini agar menggugah selera nafsu makan bagi anak yang tidak suka memakan sayuran. Samarkan makanan yang tidak disukai oleh anak dengan mengkomendasikan makanan yang tidak disukainya dengan makanan yang disukai. Misalnya sikecil tidak menyukai wortel dan sangat menyukai nugget, Anda dapat mencampurkan potongan wortel kedalam adonan nugget.

5. Gunakan kotak makan lucu. Selain isinya, wadah bento anak si kecilpun harus menarik. Anak cenderung lebih menyukai barang-barang yang berkaitan dengan karakter tokoh kartun idolanya. Untuk membuat bekal makanan menjadi lebih menarik dimata si kecil, gunakan kotak makan yang dengan gambar tokoh kartun idola sikecil.

6. Jaga bento agar tak rusak. Agar isian makanan tak rusak, jangan beri ruang kosong di dalam kotak bento. Usahakan nasi menempati hampir setengah wadah, kemudian masukan lauk dan sisa ruang dalam tempat makan dapat Anda isi dengan saled ataupun tomat dan juga salada.

7. Pisah saus dalam wadah. Khusus untuk bento. Sebaiknya pisahkan lauk dengan bumbu sedikit berair, saus ataupun mayonaise sebaiknya taruh dalam wadah cupcakes agar tidak bercecer dan tercampur kedalam nasi.

8. Buat pola dan bentuk yang menaerik. Buatlah tema menarik dalam bento buatan anda. Untuk membuat wajah hewan, dapat mencetak nasi dengan mangkuk kecil dan memberi hiasan mata dengan nori, biji wijen, keju dannjuga wortel agar lebih menarik. Saat ini banyak cetakan-cetakan lucu untuk membuat bekal di pasaran. Sehingga membuat bento pun menjadi lebih praktis.

Cara Membangkitkan Selera Makan Anak Dengan Bento Cantik

Share this