TV Online Indonesia

Bacaan Doa Niat Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah Sebelum Idul Adha 2017

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh pada kesempatan yang berbahagia ini saya selaku admin beulekok bakal share mengenai Bacaan Doa Niat Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah beserta keutamaanya. Bulan Dzulhijjah sebagai bulan paling akhir di bulan Islam atau bulan yang ke 12 kembali menyapa kita di tahun ini tahun 2017. Bulan Dzulhijjah juga adalah satu diantara bulan yang paling bersejarah bagi umat muslim.

Puasa haji atau Idul Adha dilakukan selama 2 hari sebelum tanggal 10 Dzulhijah yaitu pada tanggal 8 serta 9 Djulhijjah, di mana pada tanggal 8 Dzulhijah dikatakan sebagai puasa Tarwiyah sedang untuk tanggal 9 Dzulhijah diberi nama puasa Arafah. Puasa sunah Tarwiyah dan Arafah merupakan salah satu puasa sunah yang sangat di anjurkan buat kita, agar bisa ikut merasakan seperti apa yang dirasakan oleh beberapa jama’ah haji.

Mengenai pengertian ke-2 puasa sunnah yang ada di bulan Djulhijjah Idul Adha haji, Puasa Arafah adalah satu puasa sunnah yang dikerjakan pada tanggal 9 Dzulhijjah dimana jama’ah haji tengah melaksanakan wukuf di padang Arafah, sedang Puasa Tarwiyah yakni puasa yang pengerjaannya dikerjakan saat sebelum wukuf dilaksankan.

Ada kelebihan yang begitu menarik dalam Puasa sunah Tarwiyah serta Arafah yang dikerjakan pada tanggal 8 serta 9 Dzulhijjah saat sebelum tanggal 10 Dzulhijjah (Idul Adha). Diantara keutamaannya :

1. Puasa Tarwiyah bisa menghapus dosa setahun yang sudah terlewati.
2. Sedangkan puasa hari ‘Arafah bisa menghapus dosa dua tahun (1 tahun kebelakang dan 1 tahun yang akan datang).

Niat Puasa Sunnah Tanggal 1 - 7 Dzulhijjah
Tulisa Arab: نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
Tulisan Latin: Nawaitu Shauma Syahri Dhilhijjati Sunnatan Lillahi Ta'aala
Artinya: Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala

Niat Puasa Sunnah Tarwiyah Tanggal 8 Dzulhijjah
Tulisan Arab: نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
Tulisan Latin: Nawaitu Shaumat Tarwiyata Sunnatan Lillaahi Ta'aalaa
Artinya: Saya niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta'aalaa

Niat Puasa Sunnah Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah
Tulisa Arab: نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
Tulisan Latin: Nawaitu Shauma 'Arofata Sunnatan Lillaahi Ta'aalaa
Artinya: Saya niat puasa sunnah arafah karena Allah Ta'ala

Sekian yang bisa kami hidangkan tentang Niat Puasa Arafah Dan Tarwiyah Saat sebelum Idul Adha. Mudah-mudahan postingan diatas bisa bermanfaat terutama untuk penulis umumnya bagi anda yang membutuhkannya. Dan bagi anda yang belum paham atau belum hapal disarankan untuk di baca dengan cara berulang-ulang. Silahkan anda simak juga artikel menarik lainnya tentang idul adha seperti Ucapan Idul Adha. Terimakasih

Bacaan Doa Niat Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah Sebelum Idul Adha 2017

Share this